Saturday, March 3, 2012

Membentuk Perut Sixpack Dengan Latihan Plank





Ada banyak sekali jenis latihan kekuatan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan perut sixpack. Contoh latihan yang paling sering dilakukan adalah crunch, leg raise, dan squat. Nah, sekarang saatnya Anda mencoba latihan lain yang tak kalah hebatnya dalam membantuk perut sixpack Anda, yaitu latihan plank.

Latihan plank memang masih kalah populer dengan crunch, leg raise, dan latihan otot perut lainnya. Namun, penelitian membuktikan bahwa latihan ini memiliki manfaat yang tak kalah hebatnya. Latihan plank termasuk latihan yang hemat dan bebas biaya, sehingga bisa Anda lakukan kapan saja tanpa menggunakan peralatan apapun. Selain membentuk perut sixpack, latihan ini juga berguna untuk melatih otot punggung dan pinggang Anda.

Latihan plank juga bisa menjadi obat stress yang mujarab bagi tubuh Anda. Gerakan plank memungkinkan otot-otot tubuh meregang dengan baik setelah seharian duduk di depan komputer ataupun aktivitas lain yang menuntut tubuh Anda sedikit bergerak. Dengan meregangnya otot-otot yang tegang, tubuh Anda akan menjadi lebih rileks dan stress Anda pun berkurang.

Panduan Berlatih Plank
Selain mudah dilakukan , latihan plank bisa dilakukan di mana saja tanpa menyita banyak waktu Anda. Nah, untuk mempermudah Anda melakukan latihan plank, Anda bisa melihat panduannya di bawah ini:

  • Tempatkan matras di lantai dan berbaringlah dengan posisi tubuh telungkup dengan lengan menahan berat tubuh
  • Sekarang angkat pinggul Anda dengan menggunakan kedua lengan dan ujung tumit sebagai tumpuan, seperti ketika Anda melakukan push up
  • Saat pinggul terangkat, kontraksikan otot perut Anda
  • Tahan posisi ini 30-60 detik
  • Istirahat, kemudian ulangi gerakan ini 6-8 repetisi

Jika Anda baru dalam latihan ini, disarankan Anda menahan posisi tidak terlalu lama, cukup 10 detik terlebih dahulu. Seiring tubuh Anda beradaptasi dengan latihan ini, tubuh akan lebih kuat menahan beban dalam rentang waktu yang lebih lama. Anda juga bisa menambahkan intensitas latihan dengan menggunakan bola latihan sebagai tumpuan lengan Anda. Gerakan bola latihan yang tidak stabil berguna untuk meningkatkan keseimbangan dan kordinasi tubuh Anda, sekaligus meningkatkan kontraksi otot pada perut Anda.

Latihan ini memang tidak akan membuat perut Anda menjadi sixpack seketika. Namun, jika Anda menggabungkan latihan ini dengan latihan kardio yang baik dikombinasikan dengan diet tinggi protein, maka Anda pun bisa mendapatkan perut sixpack impian Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...