Tuesday, March 20, 2012

6 Penghambat Pembentukan Perut Sixpack & Cara Mengatasinya



Mungkin Anda sudah mencoba puluhan cara untuk mendapatkan perut sixpack idaman. Tapi sampai detik ini, usaha Anda masih belum membuahkan hasil fantastis dan tidak memuaskan. Padahal Anda sudah berlatih sangat keras, melakukan diet yang ketat namun perut sixpack belum juga Anda dapatkan.

Pernahkah Anda berpikir bahwa latihan keras dan diet yang Anda lakukan sudah benar-benar sesuai aturan. Berikut ini 10 kesalahan yang seringkali menggagalkan usaha Anda dalam mendapatkan perut sixpack.
  1. Melakukan Latihan yang Sama
    Melakukan latihan yang sama setiap hari tanpa meningkatkan beban latihan juga merupakan kesalahan mendasar yang harus segera diubah. Tubuh akan beradaptasi dengan latihan yang itu-itu saja, sehingga massa otot juga tidak akan meningkat dengan signifikan. Lebih baik menambahkan beban latihan daripada menambahkan puluhan repetisi dengan beban yang sama. Cobalah latihan baru yang lebih menantang agar otot perut Anda terlatih secara merata.
  2. Tidak Latihan Kardio
    Hal penting yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan perut sixpack adalah kurangi lemak di perut Anda terlebih dahulu. Caranya, lakukan latihan kardio! metode kardio yang paling efektif untuk membakar lemak adalah metode HIIT (High Intensity Interval Training). Contoh penerapannya, lakukan pemanasan dengan jogging 3-5 menit, kemudian larilah sekuat tenaga selama 10-15 detik, jalan cepat 10 detik, kemudian lari sekuat tenaga 10-15 begitu seterusnya dalam kurun waktu 4-5 menit.
  3. Diet yang Salah
    Latihan dan diet menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan untuk membentuk perut sixpack. Kurangi asupan karbohidrat, gula, dan makanan berlemak. Ganti dengan makanan tinggi protein seperti dada ayam, daging tanpa lemak, ikan, susu kedelai, dan kacang-kacangan. Tambahkan sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
  4. Hindari Stres
    Stres bisa menjadi batu sandungan Anda mendapatkan perut sixpack. Stres dapat mengakibatkan tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat mempengaruhi hormon lain yang menyebabkan naiknya berat badan. Bahkan, stres juga dapat memicu nafsu makan berlebihan yang dapat menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh Anda. Untuk mengatasi stres, Anda bisa lakukan latihan pernapasan, pilates, ataupun yoga.
  5. Kurang Tidur
    Ingin perut sixpack? Jangan begadang. Kurang tidur dapat mempengaruhi gula darah tubuh, meningkatkan nafsu makan, dan mengganggu metabolisme tubuh Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam per hari memiliki risiko kelebihan berat badan sebesar 27% dari yang tidur cukup 7-9 jam perhari.
Hindari kesalahan-kesalahan mendasar yang dapat menggagalkan usaha Anda mendapatkan perut sixpack. Benahi teknik latihan Anda dan jalankan diet yang tepat untuk mewujudkan perut sixpack Anda.

Duniafitnes

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...