Saturday, March 3, 2012

3 Aturan Makan Untuk Menurunkan Berat Badan





Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang langsing dengan berat badan ideal. Diet adalah cara yang paling banyak ditempuh untuk mewujudkannya. Namun, diet sering disalah artikan oleh sebagian orang. Banyak yang menganggap bahwa diet itu adalah memangkas waktu makan dan bahkan tidak makan sama sekali agar berat badan cepat turun. Hal ini merupakan anggapan yang sama sekali tidak benar.

Diet yang sebenarnya adalah pengaturan pola makan dan memilah jenis makanan sehat yang seharusnya Anda konsumsi untuk menunjang penurunan berat badan. Nah, untuk memudahkan Anda menerapakan pola makan sehat saat berdiet, simak 3 tips berikut ini.

  1. Makan Dalam Porsi Kecil
    Jika sebelumnya Anda gemar makan dalam porsi besar, mulai sekarang Anda harus belajar untuk menguranginya. Makan dalam porsi besar dapat menyebabkan tubuh Anda kelebihan kalori. Apabila tidak digunakan, kalori ini dapat mengakibatkan timbunan lemak baru dalam tubuh. Porsi makan yang lebih kecil juga berguna untuk membantu penderita diabetes mencegah melonjaknya kadar gula darah. Hindari pula makan sambil menonton televisi, karena Anda tidak akan mengetahui berapa banyak makanan yang telah Anda konsumsi. 
  2. Makan Lebih Pelan
    Setelah Anda berhasil mengendalikan diri makan dalam porsi yang lebih kecil, sekarang saatnya Anda mengatur “timing” Anda saat menyantap makanan di depan Anda. Makanlah secara perlahan dan jangan tergesa-gesa. Penelitian menyebutkan bahwa dengan makan secara perlahan, otak akan mengirimkan sinyal untuk merasakan kenyang lebih cepat, sekaligus membuat metabolisme Anda berjalan normal. Dengan begitu, Anda tidak akan mengasup kalori terlalu banyak dalam tubuh Anda.
  3. Dapatkan Panduan Diet Gratis Langsung Dari Ahlinya Di Sini!
  4. Makan Makanan Padat Gizi
    Satu lagi yang menjadi poin penting dalam pengaturan pola makan Anda adalah memilih makanan yang lebih sehat. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat gizi lengkap untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari. Saat diet, sebaiknya Anda meningkatkan asupan protein lebih banyak dari karbohidrat. Protein bisa Anda dapatkan dari sumber hewani (dada ayam, daging, ikan) ataupun dari produk nabati (kacang-kacangan, sayuran, kedelai dan olahannya). Lengkapi pula dengan vitamin dan mineral yang bisa Anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan segar seperti, bayam, wortel, jeruk, pisang, dan sebagainya.
Sebisa mungkin hindari pengolahan makanan melalui proses penggorengan. Olah makanan Anda dengan cara dibakar atau dikukus (direbus). Hindari pula makanan cepat saji atau yang biasa disebut sebagai “junk food”, mengingat makanan tersebut mengandung lemak yang tinggi dan zat aditif lain yang dapat merugikan kesehatan Anda. Agar diet Anda berjalan maksimal, lakukan olahraga setidaknya 3-4 kali dalam seminggu. Kombinasi pola makan sehat dan olahraga yang tepat adalah langkah yang tepat untuk turun berat badan.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...