Wednesday, September 19, 2012

Melatih Otot Bahu Dengan Upright Row






Otot bahu merupakan bagian tubuh yang mampu menciptakan gambaran fisik tubuh seseorang. Otot bahu yang terlatih dengan baik akan membentuk postur tubuh yang proporsional dan membantu meningkatkan penampilan. Kesan gagah dan macho akan melekat pada diri Anda jika memiliki otot bahu yang kuat dan indah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membentuk Otot bahu Anda. Salah satunya adalah dengan melakukan latihan beban. Latihan beban yang baik untuk pembentukan otot bahu sekaligus otot traps Anda adalah latihan upright row. Traps merupakan otot yang Anda rasakan kerjanya dengan meraba punggung dengan satu tangan dan memegang otot di antara leher dan bahu. Namun, untuk bisa melakukan latihan ini dengan baik, Anda harus benar-benar mengerti tahapan pelaksanaan dari latihan ini, agar terhindar dari cedera.

Berikut tahapan latihan upright row untuk membentuk otot bahu Anda

    1. Jika Anda baru dalam latihan ini, ambillah beban yang ringan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan barbell (EZ bar atau straight bar). Genggam barbell dan tangan dibuka tidak lebih lebar dari bahu. Genggam barbell di depan tubuh dan posisi tangan lurus.

    2. Angkat barbell ke atas, posisikan genggam tangan dekat dengan tubuh, sampai barbell dibawah dagu.   Di posisi teratas, sikut harus berada diatas pergelangan tangan. Tahan, kemudian turunkan barbell dan kembali ke posisi semula.

    3. Sepanjang gerakan ini, pastikan siku lebih tinggi dari pergelangan tangan. Jangan memutar siku Anda ke dalam atau ke luar.

    4. Lakukan sebanyak 3 set dengan 6-8 repetisi

    5. Untuk menghindari cedera otot bahu yang dapat mengakibatkan nyeri, lakukan latihan secara seksama.
   
Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Berlatih Upright Row.

Sekalipun berlatih upright row memiliki manfaat yang baik bagi otot punggung, Anda perlu berhati-hati dalam melakukan latihan ini. Dalam beberapa kasus, latihan ini dapat mengakibatkan cedera pada otot bahu. Cedera bahu merupakan cedera yang paling sering dialami saat melakukan upright row. Jika terjadi cedera yang parah maka akan memerlukan operasi dan beberapa bulan rehabilitasi sebelum Anda benar-benar sembuh.

Diperlukan kerja keras untuk mendapatkan otot bahu dan traps yang ideal. Oleh karena itu, lakukan latihan upright row dengan baik dan benar. Agar lebih aman, mintalah bantuan teman atau personal trainer yang ahli melakukan latihan upright row ini.

source dunia fitnes

1 comment:

  1. Fitness harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Bila rutin dilakukan maka akan berdampak baik terhadap perkembangan daya tahan tubuh serta dapat membantu pembentukan postur tubuh sehingga dapat tampil lebih cantik, lebih "lelaki", atau bahkan lebih perkasa.
    Apalagi jika ditambah dengan konsumsi makanan sehat dan seimbang, serta suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, maka hasilnya akan sangat maksimal.
    Saya kira blog ini sangat membantu kita-kita untuk dapat mengenal serta melakukan fitness secara lebih baik.
    Mohon ijin untuk dapat mengcopy informasi yang ada di blog ini, agar lebih banyak orang yang mendapatkan informasinya.

    @better with horizon

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...