Monday, September 24, 2012

Firmicutes, Bakteri Penyebab Kegemukan






Dunia Fitnes

Selain kebiasaan makan berlebihan dan minimnya olahraga, kegemukan juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya.

Penelitian terbaru mengungkap, ada sejenis bakteri di dalam perut yang bisa meningkatkan timbunan lemak dalam tubuh, dan akhirnya menambah berat badan.

Tim peneliti dari University of North Carolina melakukan eksperimen pada ikan zebra yang memiliki perut transparan saat masih muda. Ikan-ikan tersebut diberi makanan yang telah diberi pewarna fluorecent agar berpendar saat makanan tersebut dicerna di dalam perut.

Hasilnya, para peneliti menemukan laju pemecahan lemak di dalam ikan dipengaruhi oleh sejenis bakteri bernama Firmicutes. Makin banyak jumlah bakteri tersebut, makin cepat pula sel-sel lemak dipecah dan diserap tubuh.

Selama ini, aktivitas mikroba di dalam perut hanya dikaitkan dengan pemecahan karbohidrat kompleks agar lebih mudah diserap. Penelitian yang dilakukan di University of North Carolina ini membuktikan, pemecahan lemak juga dipengaruhi oleh bakteri.

“Jika kita tahu secara spesifik bakteri apa yang bisa meningkatkan penyerapan lemak, maka kita bisa mengembangkan cara untuk mengurangi penyerapan lemak dalam rangka mencagah penyakit metabolik,” ungkap sang peneliti, John Rawls, PhD.

Tima peneliti juga menemukan bahwa bakteri yang sama juga berhubungan dengan tingkat kegemukan pada manusia. Dengan cara kerja yang serupa yaitu bakteri Firmicutes memecah lemak lebih cepat sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh manusia dan meningkatkan risiko kegemukan.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bakteri Firmicutes dalam meningkatkan berat badan seseorang. (dan

1 comment:

  1. Image Reputasi Kesan serta Opini ttg Gay Homo biseksual indonesia * Anda" yg mungkin sempat mengenal, atau masuk dikomunitas ini,Mungkin slama ini yg ada dipikiran anda, cuma meninggalkan penilaian negatif. Banyak tragedi. Banyak kejadian fatal membuat anda" harus berprasangka buruk. Tapi aku yakinkan, tidak semuanya seperti itu. Semua kembali ke anda". Bgmn memilih kenalan dekat? Bgmn anda menilai? Pola pikir & santun itu penting. Warna suara & cara bicaranya juga bs menunjukkan watak seseorang. Ganteng? Fisik? Materi? Tidak jaminan utk hubungan langgeng & nyaman. Komunikasi yg sejalan, itu adalah pondasi awal, jika kita punya kesamaan tujuan. Anda" yg menikah jg bukan halangan, lbh baik karna bnyk pria menikah privacy nya lbh terjamin. * * * salam kenal, aku gay 27th. I'm work at 3star hotel. Mencari kenalan manly, tuk hub special. Tidak tertarik free / fun. Mengutamakan baik hati. Yg paling penting niat ketemu, wlp jauh! (kurang minat tmn curhat) kontak saya ; +62856646OO785

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...